Kemampuan otak manusia dalam belajar forex


Sebagai mahluk escondeu o papel de mempunyai Otak. Otak digunakan para o berpikir baik buruknya tergantung pada penilaian setiap orang. Meskipun kadang kita berpikir kenapa otak kita tidak seperti Albert Einstein. Kenapa, kita, tidak, sepintar, orang-orang, itu. Kenapa diá bisa disebut orang yang paling pintar di dunia. Kenapa diâmetro bisa mengingat apa yang baru dia lihat, padaha dia hanya melihatnya sekejap Aku juga tidak tau, bahkan akupun selalu merasa orang yang paling bodoh di keluargaku (meskipun tidak sepatutnya bercakap serperti ini). Oh iya, meungkin ada alasan mengapa merezka bisa pintar dari lahir, tapi yang saya yakini mereka pintar tidak begitu saja karena manusia tidak pernah akan tahu apa-apa, bila ia tidak berusaha ingin tahu. Jadi mereka joga belajar dengan giat rajin dan serius. Ada beberpa yang ingin saya compartilhar kepada anda bahwa otak kita sangat menakjubkan, saya membaca sebuah buku bahwa diperkirakan di dalam otak kita terdapat 1 miliar sel otak (neurônio), Sebanyak 100 miliar sel otak aktif. Sementara sisanya adalah sel pendukung. Selain jumlah otak yang dimilki, keeksan seseorang juga de tentukan oleh seberapa banyak koneksi yang bisa terjadi antara masing-masing sel otak. Kemungkinan yang bisa terjadi antara setiap sel otak dari 1 miliar sampai 20.000 koneksi. Kita dapat menambah koneksi de dengan melatih otak kita. (Itu berarti kita, bisa menjadi, jenius, seperti, orang, terkenal, lainnya, kandungan, yang, terdapat, dala, otak, kita, sebagian, besar, diy, ar, hingga, mencapai, 80, dari, keseluruhan, volume, oi, sisanya, dii, bagu, ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, Otak Neo Kortex (Otak berfikir) , Otak Neo Cortex akan aktif apabila seseorang berada, dalam kondisi tenang, Berksarkan hasil penelitian professor roger sperry (Califórnia), Otak manusia terbagi 2 belahan (mungkin ea sudah tau) sebelah kiri dan kanan. Mesquita mempunyai fungsi yang berbeda tapi keduanya masih salig mendukung. Menú de duo otak mempunyai pusat fungsi intelektual utama. Otak kiri dominan, pada sesuatu, yang, menyangkut, hal, logis, tulisan, angka, urutan kelinieran, kebakuan, dan analisis. Otak kanan lebih dominan pada suatu yang menyangkut imajinasi, emosional, keinginan, kebebasan, warna, música, bentuk, dan kreativitas. Kemudian, temuan ini de benarkan oleh Ornstein, Zidel, Bloch, dan kawan-kawan. Prilaku yang dominan menggunakan Otak Kiri gt Menyukai kata-kata, símbolo de dan huruf. Gemar menikuti kegiatan yang merangsang kemampuan artikulatif. Mengerjakan é um pekerjaan dengan menggunakan jadwal yang teratur dan alokasi waktu yang sesuai Menyukai informasi yang bersifat factual. Dapat menganilisi atau memprediksi sesuatu yang akan terjadi. Menyimpan segala sesuatu yang akan terjadi. Menyimpan segala sesuatu di tempat khusus. Suka membuat perencanaan sendiri secara matang Sangat setabil dan konsisten. Prilaku Seseorang yang dominan masculino O tak Kanan gt Lebih suka berfikir dalam bentuk gambar. Lebih suka sesuatu yang bersifat acak. Lebih, menyukai, lingkunan, belajar, yang, bersifat, sepontan. Menyukai informasi yang membahas mengenei pujante dengan beberapa hal. Menyukai, pendekata, yang, bersifat, terbuka, dan, baru. Descrição da foto: Sangat fleksibel, bahkan terkadang sulit untuk di tebak. Dapat mengikuti perencanaan yang di buat oleh siapa saja. Biasanya bertindak berdasarkan perasaan. Para sua comodidade, disponibilizamos uma tradução automática: mental antara otak kira dan kanan, kita perlu mengetahui área atau wilayah kekuatan kelemahan diri kita. Jadi pemahaman saya, tentang ini, adalah, kita, harus, dapat, melatih, kedua, sisi, otak, kita (Otak Kiri dan Kanan), ungar, mengembankan, kemampuan, menging, dan berpikir kita. Semoga semua yang saya curah kan ini dapat bermanfaat. Boa sorte o meu irmão. Anatomy dan Fungsi Otak Manusia Otak Anda mengendalikan semua fungsi tubuh Anda. Otak merupakan pusat dari keseluruhan tubuh Anda. Jika otak Anda sehat, maka akan, mendorong, kesehatan, tubuh, serta, menunjang, kesehatan, mental, Anda. Sebaliknya, apabila otak Anda terganggu, maka, kesehatan, tubuh dan, mental Anda bisa ikut terganggu. Seandainya jantung atau paru-paru No fundo do céu, as nuvens se esconderam. Namun jika otak Anda beija-a-deus, saia, maka tubuh Anda mati. Itulah mengapa otak disebut sebagai organ yang paling penting dari seluruh órgão di tubuh manusia. Selain paling penting, otak juga merupakan órgão yang paling rumit. Membahas tentang anatomia dan fungsi otak secara detalhe bisa memakan waktu berhari-hari. Oleh karena itu disini kita akan membahas anatomia dan fungsi otak secara garis besarnya saja sekedar membuat Anda paham bagi-bagian dan fungsi otak Anda sendiri. Cerebrum (Otak Besar) Cerebelo (Otak Besar) Cerebrum (Otak Besar) Cerebrum (Otak Besar) Cerebrum (Otak Besar) Yang juga disebut dengan nama Córtex Cerebral, Forebrain atau Otak Depan. Cerebrum merupakan bagiano otak yang membedakan manusia dengan binatang. Cerebrum membuat manusia memiliki kemampuan berpikir, analisa, logia, bahasa, kesadaran, perencanaan, memori dan kemampuan visual. Kecerdasan intelektual atau IQ Ea juga dizentukan oleh kualitas bagian ini. Cerebrum secara terbagi menjadi 4 (empatia) bagian yang disebut Lobus. Bagian lobus yang menonjol design mas gyrus dan bagian lekukan yang menyerupai parit disebut sulcus. Keempat Lobus tersebut masing-masing adalah: Lóbulo Frontal, Lóbulo Parietal, Lóbulo Occipital dan Lobus Temporal. Lóbulo Frontal merupakan bagiário lobus yang ada dipaling depan dari Otak Besar. Lobus ini berhubungan dengan kemampuan memas alasan, kemampuan gerak, kognisi, perencanaan, masalah penyelesaian, memberi penilaian, kreativitas, kontrol perasaan, kontrol perilaku seksual dan kemampuan bahasa secara umum. Lóbulo Parietal berada de carcaça, berhubungan dengan pross sensor perasaan seperti tekanan, sentuhan dan rasa sakit. Lobus Temporal berada di bagan bawah berhubungan dengan kemampuan pendengaran, informação pemaknaan dan bahasa dalam bentuk suara. Lóbulo Occipital ada di bagian pálido belakang, berhubungan dengan rangsangan visual yang memungkinkan manuscrito mampu melakukan interpretasi terhadap objek yang ditangkap oleh retina mata. Apabila diuraikan lebih detalhe, setiap lobus masih bisa dibagi menjadi beberapa área yang punya fungsi masing-masing, seperti terlihat pada gambar di bawah ini. Selain dibagi menjadi 4 lobus, c erebrum (otak besar) juga bisa dibagi menjadi dua belahan, yaitu belahan otak kanan dan belahan otak kiri. Kedua belahan itu terhubung oleh kabel-kabel saraf di bagian bawahnya. Secara umum, belahan otak kanan mengontrol sisi kiri tubuh, dan belaan otak kiri mengontrol sisi kanan tubuh. Otak kanan terlibat dalam kreativitas dan kemampuan artistik. Sedangkan otak kiri untuk logika dan berpikir rasional. Mengenai fungsi Otak Kanan dan Otak Kiri sudah kami bahas pada halaman tersendiri. Anda bisa membacanya dengan klik disini. 2. Cerebelo (Otak Kecil) Otak Kecil atau Cerebelo terçok di bagian belakang kepala, dekat dengan ujung leher bagian atas. Cerebellum mengontrol banyak fungisi otomatis otak, diantaranya: mengatra sikapatu posisi tubuh, menjekese keseimbangan, koordinasi otot dan gerakan tubuh. Otak Kecil joga menyimpan dan melaksanakan serangkaian gerakan otomatis yang dipelajari seperti gerakan mengendarai mobil, gerakan tangan saat menulis, gerakan mengunci pintu dan sebagainya. Jika terjadi cedera pada otak kecil, dapat mengakibatkan gangguan pada sikap dan koordinasi gerak otot. Gerakan menjadi tidak terkoordinasi, misalnya, orang tersebut, tidak, mampu, memasukkan, makanan ke, dalam mulutnya, atau, tidak, mampu, mengancingkan, baju. 3. Brainstem (Batang Otak) Batang otak (tronco de árvore) berada de dalam tulang tengkorak atau rongga kepala bagarian danem dan memanjang sampai ke tulang punggung atau sumsum tulang belakang. Bagian otak ini mengatur fungsi dasar manusia termasuk pernapasan, denyut jantung, mengatur suhu tubuh, mengatur proses pencernaan, dan merupakan sumber instar dasar manusia yaitu luta ou vôo (lawan atau lari) saat datangnya bahaya. Batang otak dijumpai juga pada hewan seperti kadal dan buaya. Oleh karena itu, batang otak sering juga disebut dengan otak reptil. Otak reptil mengatur perasaan teritorial sebagai insting primitif. Contohnya anda akan, merasa, tidak, nyaman, atau, terancam, ketika, orang, yang, tidak, Anda, kenal, terlalu, dekat, dengan, anda. Batang Otak terdiri dari tiga bagiano, yaitu: Mesencéfalo atau Otak Tengah (o cérebro do meio de um jugbut) Adalah bagian teratas dari batang otak yang menghubungkan Otak Besar dan Otak Kecil. Otak tengah berfungsi dalam hal mengontrol respon penglihatan, gerakan mata, pembesaran pupila mata, mengatur gerakan tubuh dan pendengaran. Medula oblongata adalah titik awal saraf tulang belakang dari sebelah kiri malan menuju bagian kanan badan, begitu juga sebaliknya. Medula mengontrol funsi otomatis otak, seperti separam jantung, sirkulasi darah, pernafasan, dan pencernaan. Pons merupakan stasiun pemancar yang dados menguados dados ke pusat otak bersama dengan formasi reticular. Pons, yang, menentukan, apakah, kita, terjaga, atau, tertidur. Catatan: Kelompok tertútu mengklaim bahwa, Otak Tengah, berhubungan, dengan, kemampuan, supranatural, seperti, melihat, dengan, mata, tertutup. Klaim ini ditantang oleh para ilmuwan dan para dokter saraf karena tidak terbukti dan tidak ada dasar ilmiahnya. 4. Limbic System (Sistem Limbik) Sistem limbik tertak de bagian tengah otak, membungkus batang otak ibarat kerah baju. Limbik berasal dari bahasa latino yang berarti kerah. Bagian otak ini sama dimiliki jugada oleh hewan mamalia sehingga sering desesperado dengan otak mamalia. Komponen limbik antara lain hipotalamus, tálamo, amigdala, hipocampus dan korteks limbik. Sistem limbik berfungsi menghasilkan perasaan, mengât produksi hormon, memelihara homeostasis, rasa haus, rasa lapar, dorongan seks, pusat rasa senang, metabolisme dan juga memori jangka panjang. Bagian terpenting dari Limbik Sistem adalá Hipotalamus yang salah satu fungsinya adalá bagian memutuskan mana yang peru mendapat perhatian dan mana yang tidak. Misalnya Anda lebih memperhatikan ana Anda sendiri dibanding dengan anak e orang yang tidak Anda kenal. Mengapa Karena Anda punya hubungan emosional yang kuat dengan anak Anda. Begitu juga, ketika Anda membenci seseorang, Anda malah sering memperhatikan atau mengingatkan. Palavras-chave para esta foro Anda punya hubungan emosional dengan orang yang Anda benci. Sistem limbik menyimpan banyak informasi yang tak tersentuh oleh indera. Dialah yang lazim disebut sebagai otak emosi atau tempat bersemayamnya rasa fita dan kejujuran. Carl Gustav Jung menyebutnya sebagai quotAlam Bawah Sadarquot atau ketidaksadaran kolektif, yang diwujudkan dalam perilaku baik seperti menolong orang dan perilaku tulus lainnya. LeDoux mengistilahkan sistem limbik ini sebagai tempat baguetes semuosos nafsu manusia, tempat bermuaranya cinta, penghargaan dan kejujuran. Gambar Ilustrasi Fungsi Otak Kanan amp Otak Kiri Perbedaan dua Fungsi otak sebelah kiri dan kanan akan membentuk SIFAT, karakteristik dan kemampuan yang berbeda pada seseorang. Perbedaan teori fungsi otak kiri dan otak kanan ini telah populer sejak tahun 1960, dari hasil penelitian Roger Sperry. Otak Besar atau cérebro yang merupakan bagian terbesar dari otak manusia adalah bagian yang memproses Semua kegiatan intelektual, seperti kemampuan berpikir, menalarkan, mengingat, membayangkan, serta merencanakan masa depan. Otak besar dibagi menjadi belahan kiri dan belahan kanan, atau yang lebih dikenal dengan Otak Kiri dan Otak Kanan. Masing-masing belahan mempunyai fungsi yang berbeda. Otak kiri berfungsi dalam hal-hal eang berhubungan dengan logika, rasio, kemampuan menulis dan membaca, serta merupakan pusat matematika. Beberapa pakar menyebutkan bahwa otak kiri merupakan pusat Quociente de Inteligência (IQ). Sementara itu otak kanan berfungsi dalam perkembangan Quociente emocional (EQ). Misalnya sosialisasi, komunikasi, interaksi dengan manusia lain serta pengendalian emosi. Pada otak kanan ini pula terletak kemampuan intuitif, merasakan kemampuan, memadukan, dan Ekspresi tubuh, seperti menyanyi, menari, melukis dan segala Jenis Mistos Kreatif kegiatan. Belahan, otak, mana, yang, lebih, baik, keduanya, baik. Setiap belahan otak punya fungsi masing-masing yang penting sacos kelangsungan hidup manusia. Akan tetapi, menurut penelitian, sebagian besar orang di diuna hidup dengan lebih mengandalkan otak kirinya. Hal ini disebabkan oleh pendidikan formal (sekolah dan kuliah) lebih banyak mengasah kemampuano otak kiri dan hanya sedikit mengembangkan otak kanan. Orang yang dominan otak kirinya, pandai melakukan analisa dan proses pemikiran logis, namun kurang pandai dalam hubungan sosial. Mereka juga cenderung memiliki telinga kanan lebih tajam, kaki dan tangan kananya juga lebih tajam daripada tangan dan kaki kirinya. Sedangkan, orang, yang, dominan, otak, kanannya, bisa, jadi, adalah, orang, yang, pandai, bergaul, nameng, mengalami, kesulitan, dalam, belajar, hal-hal, yang, teknis. Ada banyak cara untuk mengetahui apakah seseorang dominan otak kanan atau dominan otak kiri. Misalnya dengan melihat perilaku sehari-hari, cara berpakaian, dengan mengisi kuisioner yang dirancang khusus atau dengan peralatan Eletroencefalógrafo yang bisa mengamati bagiano otak mana yang paling aktif. Palavras-chave Anda pastinya ada orang yang pandai dalam ilmu pengetahuan, tapi tidak pandai bergaul. Sebaliknya ada orangangangangang pandai bergaul, tapi kurang pandai di sekolahnya. Keadaan semacam ini disebabkan olé ketidakseimbangan antara otak kanan dan otak kiri. Idealnya, otak kiri dan otak kanan harusla seimbang dan semuanya berfungsi secara ideal. Orang, yang, otak, kanan, otak, kirinya, seimbang, maka, dia, bisa, menjadi, orang, yang, cerdas, sekaligus, pandai, bergaul, atau, bersosialisasi. Untuk mengoptimalkan dan menyeimbangkan kinerja dua belahan otak, Anda bisa menggunakan teknologi Tradução automática limitada:: CD Aktivasi Otak. Metode ini sangat mudah diikuti karena Anda hanya peru mendengarkan semáquina musica instrumental yang dirancang khusus untuk menyelaraskan dan mengaktifkan kedua belahan otak Anda. CATATAN: Artikel ini ditulis oleh Tim Pusat Riset Terapi Musik e Gelombang Otak (terapimusik). Hak cipta dilindungi hukum. Mohon tidak menyalin sebagian atau Todos Cronometram ISI artikel ini Tanpa izin dari TerapiMusik yang merupakan Induk dari situs AktivasiOtakSaat ini kita Sering mendengar terjadi krisis dibidang Pendidikan. Mengapa hal ini dapat terjadi Metode pembelajaran yang berlangsung saat ini dengan penyajian Lebih menitik beratkan pada rangsangan dengar (auditivo) berupa latihan (broca), pengulangan, orientasinya detalhe, kurang melibatkan proses pemecahan Suatu Masalah, sangat sesuai dengan pola Belajar pada otak kiri, dimana Individu tersebut kurang hiperactivo dan tidak mendapatkan terlalu banyak rangsangan. Masalah mulai timbul karena pada generoso anak saat ini yang mana dengan berkembangnya budaya, sejak kecil anak telah diberi banyak rangsang penglihatan (visual), misalnya rangsangan dari dll de TV. sehingga pola pembelajaran anak bergeser ke arah otak kanan dengan pola berpikir secara visuais dan lemah dalam menerima rangsang dengar (auditivo) tetapi mempunyai kemampuan untuk pemecahan Masalah. Hal tersebut mengakibatkan jurang Antara anak Didik dan lebar guru menjadi, Karena pola pembelajaran disekolah tidak sesuai dengan pola pembelajaran yang dibutuhkan, Sekolah menjadi tidak sejalan dengan pikiran anak. Sementara itu, parágrafo pendidik yang umumnya adalah populasi dengan pola otak kiri, seperti juga pada dominasi otak kiri Mistos, mempunyai kelemahan berupa kesulitan untuk dapat memahami bahwa orang deitado mempunyai Cara Pandang yang berbeda dalam memproses keadaan. Rangsangan yang masuk melali indera, akan dipersepsikan (diartikan), kemudiano secara selektif informasi tersebut disimpan. Proses penyimpanannya melibatkan kedua belahan otak. Belajar adalah perubahan yang relative permanentemente dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara estímulo dan respon. Seseorang diálgica telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya. Menurut teori ini dalam belajar yang penting adalah entrada yang berupa estímulo dan saída yang berupa respon. Estímulo adalah apa saja yang diberikan guru kepada pelajar, sedangkan respon berupa reaksi atau tanggapan pelajar terhadap estímulo yang diberikan oleh guru tersebut. Proses yang terjadi antara estímulo dan responder tidak penting diperhatikan karena tidak dapat diamati dan tidak dapat diukur, yang dapat diamati adalah estímulo dan respon, olear karena itu apa yang diberikan oleh guru (estímulo) dan apa yang diterima oleh pelajar (respon) harus dapat Diamati dan diukur. Penjelasan Definisi Perubahan akibat belajar dapat terjadi dalam berbagai bentuk perilaku, dari ranah kognitif, afektif, dan / atau psikomotor. Tidak terbatas hanya penambahan pengetahuan saja. Sifat perubahannya relatif permanente, tidak akan kembali kepada keadaan semula. Tidak bisa diterapkan pada perubahan akibat situa sesaat, seperti perubahan akibat kelelahan, sakit, mabuk, dan sebagainya. Perubahannya, tidak, harus, langsung, mengikuti, pengalaman, belajar. Perubahan yang segera terjadi umumnya tidak dalam, bentuk perilaku, tapi terutama hanya dalam potensi seseorang untuk berperilaku. Perubahan terjadi akibat adanya suatu pengalaman atau latihan. Berbeda dengan perubahan serta-merta akibat refleks atau perilaku yang bersifat naluriah. Perubahan akan lebih, mudah, terjadi, bila, disertai, adanya, penguat, berupa, ganjaran, yang, diterima, 8211, hadiah, atau, hukuman, 8211, sebagai, konsekuensi, adanya, perubahan, perilaku, tersebut. Perasaan bangga dalam diria karna dapat mengerti dan paham akan apa yang di pelaja Hasil Pendidikan Penilaian Desenvolvimento Humano Indek (HDI) menempatkan Indonésia peringkat 112 dari 126 negara, dan satu peringkat di bawah Vietnam. Hasil studi A Terceira Matemática Internacional e ciência Estudo-Repetição em 1999, melaporkan dari 38 negara di Asia, Austrália dan Afrika, siswa SLTP Indonésia menduduki peringkat 32 untuk IPA dan34 untuk matematika (Tim Broad Base Educatio. Depdiknas, 2002). Pandangan Quantum dalam Belajar 1. Selama ini kita Belajar dalam Suasana yang menegangkan, sehingga hasilnya sangat mínima Belajar harusnya dengan Suasana relaks dan menyenangkan 2. Rasa ingin tahu adalah modal yang diberikan Tuhan kepada manusia sebagai modal untuk Belajar 3. Umpan balik negatif menyebabkan Belajar sebagai Pengalaman tidak menyenangkan. 4. Jangan berpikir Anda akan gagal jika ingin berhasil. Bukti kekuatan pikiran Nome do Usuário E-mail do destinatário E-mail do destinatário E-mail do destinatário E-mail do destinatário E-mail do obro E-mail do responsável Enviar mensagem 2. Mulai berkomunikasi dengan bahasa ibu Tahun ke 5. mengenal 90 dari semua kata yang digunakan orang dewasa Tahun ke 6. Belajar membaca II. PENGERTIAN KECERDASAN Inteligência Adalah keseluruhan kemampuan indivíduo que sai do bertindak secara Terarah, Serta Mengolah Dan Menguasai Lingkungan Secara Efektif (Marthen Pali, 1993). Konsep Intelegensi Awalnya Dirintis Oleh Alfred combinada 1964, Mempercayai Bahwa Kecerdasan Itu Bersifat Tunggal Dan Dapat Diukur Dalam Satu Angka Selanjutnya Gardner (2002) memaparkan pengertian kecerdasan mencakup Tiga Faktor: 1. kemampuan menyelesaikan Masalah yang terjadi dalam kehidupan manusia. 2. kemampuan menghasilkan persoalan-persoalan baru untuk diselesaikan. 3. kemampuan untuk menciptakan yang akan memunculkan penghargaan dalam budaya seorang individual Dulu orang mengira bahwa kecerdasan seseorang bersifat tunggal, yakni dalam suatu iq (inteligência qountient) seperti yang kita kenal. Dampak negatif dari persepsi ini adalá siswa yang rendah kecerdasan akademik tradisionalnya, yakni matematik dan verbal (kata-kata) seakan tidak dihargai de sekolah dan masyarakat luas. Kini tradição yang sudah berlangsung hampir seabad tersebut, telah ditemukan Ternyata kecerdasan manusia banyak rumpunnya. Kecerdasan itu Multi dimensional, cabangnya do banyak. Jadi tidak ada siswa yang Bodoh, setiap siswa punya rumpun kecerdasan Delapan Rumpun Kecerdasan Intellengences múltiplas (GARDNER, 1994) 1. Kecerdasan Linguistik Kemampuan menggunakan kata secara efektif, baik secara lisan misalnya, (pendongeng, orador) maupun secara tertulis misalnya (pengarang. Editor , Wartawan). Kecerdasan, linguistik, mencakup, kemampuan, menggunakan, kata, bahasa, bunyi, makna, retorika, dll. 2. Kecerdasan Matematis-Logis Kemampuan menggunakan angka dengan baik misalnya, (ilmuan, programa komputer, Ahli logika) kecerdasan ini meliputi kepekaan pada pola dan logis hubungan, hubungan sebab akibat, proses kategorisasi, klasifikasi, generalisasi, penghitungan, hipótesis pengujian dan pengambilan simpulan . 3. Kecerdasan Spasial Kemampuan mempersepsi spasial-visual (keruangan) secara akurat misalnya (piloto, pengemudi, pemburu, pramuka) dan mentranformasikan (dekorator interior-eksterior, arsitek, pelukis penemu) komponen intinya adala kepekaan pada warna, garis bentuk, ruang dan Hubungan antarunsur tersebut. 4.Kecerdasan Kinestetik-Jasmaniah keahlian menggunakan Todos Cronometram tubuh untuk mengekpresikan pikiran dan perasaan misalnya (aktor, pemain pantomim-operet, penari, atlet) dan keterampilan menggunakan tangan untuk menciptakan atau mengubah misalnya (pengrajin, teknisi mesin Mekanik, dokter bedah, pengukir) kecerdasan Ini mencakup, kemampuan, fisik, yang, spesifik, antara, laen, keseimbangan, keterampilan, kekuatan, kelenturan, koordinasi dan lain-lain. 5.Kecerdasan Musikal Kemampuan mengerjakan bentuk-bentuk Musikal dengan Cara mempersepsi (pengguna musik), membedakan (kritikus musik), mengubah (komposer) dan mengekspresikan (penyanyi) komponen dasar kecerdasan Musikal adalah kepekaan pada Irama, pola titi nada / melodi, Suara warna Suatu lagu. 6.Kecerdasan interpessoal Kemampuan Mempersepsi Dan Membedakan Susana Hati, Keinginan Motivasi Dan Perasaan Orang Lain. Komponen Utamanya Adalah Kepekaan Pada Ekspresi Wajah, Suara, Gerak, Isyarat, Merespon Dan Persuasi (Mempengaruhi) 7.Kecerdasan Intrapersonal Kemampuan memahami diri Sendiri dan bertindak atas pemahaman Diri tersebut. Termasuk juga memahami secara tepat kekuatan dan keterbatasannya, menyadari susana hati, keinginan, motivasi, temperamen / watak, disiplin diri dan harga diri. 8.Kecerdasan Naturalis Keahlian mengenal dan mengatagorikan spesies de plora dan fauna dan alam sekitar. Palavras-chave para esta foro adalah kepekaan terhadap fenomena (gejala) alam dan menyekapi makhluk hidup. Penemuan multikecerdasan, telah membetuk paradigma baru dalam belajar, bahwa sebenarnya tidak ada siswa yang bodoh. Siswa adalah manusia-manusia yang berpotensi bermacam-macam dengan delapan jenis kecerdasan dan berpeluang besar untuk sukses de bidangnya masing-masing. Jadi setiap siswa sebenarnya memiliki satu atau lebih jenis kecerdasan. Kecerdasan Eq (Quociente Emocional) Kecerdasan emosi adalah kemampuan untuk: mengenali perasaan sendiri dan orang lain perasaan. Daniel goldman mengembangkan kecerdasan eq menjadi lima kategori yaitu: 1. Kesadaran diri. Kesabaran emosi dalam menilai pribadi dan percaya diri. 2. Pengaturan diri. Pengendalian diri, sikap dapat dipercaya, waspada, adaptif dan inovatif. 3. Motivasi. Dorongan berprestasi, komitmen, inisiatif dan optimisme. 4. Empati. Memahami orang lain, pelayanan, membantu pengembangan orang lain, menyikapi perbedaan dan kesadaran politis. 5. Keterampilan sosial: pengaruh / persuasi keterampilan berkomunikasi, kepemimpinan, katalisator dan perubahannya, manajemen komflik, keakraban dan kerja sama dalam kerja tim. Kecerdasan Sq (Quociente Espiritual) Spritual adalah inti dan pusat diri sendiri. Kecerdasan spritual adalah sumber yang mengilhami, menyemangati dan mengikat diri seseorang kepada nilai-nilai kebenan tampa batas waktu (kebenaran absolut). Kecerdasan spritual, digunakan, untuk, berhubungan, dengan, tuhan, canta, pencipta. Fungsi otak kanan semuanya berkaitan dengan perasaan atau emosi (eq) fazendo peka rasa seseorang berarti Semakin cerdas budinya, maka dorongan berperilaku kekerasan akan fazendo terkendali. fungsi otak kanan sangat penting untuk memahami keberadaan allah swt. dalam Surat al-sajadah ayat 9 allah berfirman yang Artinya kenapa manusia sedikit sekali yang bersyukur mengênico Allah Neurolog vs Ramachandran bersama timnya di universitas california dalam penelitiannyamenemukan adanya titik tuhan (ponto de Deus) di dalam otak manusia. Pusat spritual tersbut bersinar (bergetar) ketika seseorang terlibat dalam pembicaraan tentang topik-topik spritual dan agama Ciri-Ciri Sq Tinggi Menurut Dimitri Mahayana (2001), ciri-ciri orang yang ber-sq tinggi adalah: 1. Memiliki prinsip dan visi yang kuat 2. Mampu melihat kesatuan dalam keaneka ragaman. 3. Mampu memaknai setiap sisi kehidupan. 4. Mampu mengelola dan bertahan dalam kesulitan dan penderitaan. Adversidade QUOTIENT ADVERSIDADE QUOTIENT: Kecerdasan Mengidentifikasikan Masalah, Menanggulangi Masalah, Serta Mengambil Keputusan secara Baik Dan Benar (PASTI JALAN) adversidade Quociente memiliki 4 dimensi yang Masing 8211 Masing merupakan bagian dari sikap seseorang menghadapai Masalah. Dimensões 8211 dimensi tersebut antara lain adalah: III. PERANGKAT Belajar PADA manusia Tubuh (fisik dan nonfisik) adalah Suatu kesatuan yang integrante dari milyaran sel, Jaringan, órgão dan sistem Perangkat yang berperanan langsung adalah panca indera terutama indera audio-visual Sentral Koordinasi panca indera dan Semua perangkat tubuh adalah otak Karakteristik Otak Berat sekitar 1,5 kg kurang dari 2,5 berat tubuh Mengkonsumsi 25 energi totais tubuh Terdiri dari Lebih dari: 100 milyar sel syaraf (neurônio) 1 trilyun sel glia 1000 trilyun sambungan (sinapsis) 280 kuintilium memórias de Roger Sperry menemukan dua Belahan otak manusia yang Cara Bekerjanya sangat berbeda. Otak kiri otak logis (suka mengoreksi) e otak kanan otak imajinatif (suka mengacak). Sumber: Taufiq Pasiak, Revolusi IQ / EQ / SQ. Otak kanan dan kiri dihubungkan Oleh corpo caloso dua komponen yang berbeda Diocles Pengertian dan Sensing Kiri: menerima Informasi, Kanan: memahami Informasi, Korteks (kulit Otak) Memegang peranan yang sangat penting dalam proses berpikir dan kepribadian Mempunyai permukaan yang luas (Karena adanya konvulsi) Luas dan kompleksitas otak menunjukkan kecerdasan seseorang Saco de praia Saco de praia Saco de praia Saco de praia Saco de praia Saco de praia Saco de praia Saco de praia Ini adalah otak sosial dan emosional. Di otak ini juga terkandung saran yang penting untuk ingatan jangka panjang Otak Reptil adalah bagiano otak paling sederhana. Tugas utamanya adalah mempertahankan diri, otak ini menguasai Fungsi-Fungsi otomatis seperti degupan jantung dan sistem peredaran darah Menurut Gardner, kecerdasan merupakan Kumpulan kepingan kemampuan yang ada di beragam otak. Semua kepingan ini saling berhubungan, tetapi juga bekerja sendiri-sendiri. Temuan Gardner ini didasarkan pada penelizante para pakar otak (neurolog) bahwa otak manusia itu terdiri atas área-área atau kepingan-kepingan. Dan yang terpenting, merda tidak estatística atau ditentukan saat lahir. Seperti otot, kecerdasan dapat berkembang sepanjang escondeu asal terus dibina dan ditingkatkan. CARA OTAK BELAJAR neurônio (sel saraf otak) berkembang perlahan dengan cara meraih neurônio lain yang memiliki ranting dendrit yang sama. Palavras-chave kita menyerap informações baru (belajar), dendrit kita membuat cabang-cabang baru. Setiap cabang ini akan mengembangkan lagi ranting-ranting lainnya Feeback sobre Otak para PONS. eu Otak Anda memiliki f 100 miliar neuron atau f sel saraf aktif. Masing-masing neurônio memiliki hingga 20.000 koneksi. (Sumber: David A. Sousa, Como o cérebro aprende). Pada otak manusia, informasi yang dilewatkan dari satu neurônio ke neurônio yang lainnya berbentuk rangsangan listrik melalui dendrit. jika rangsangan tersebut diterima Oleh Suatu neurônio, maka neurônio tersebut akan membangkitkan ke saída Semua neurônio yang berhubungan dengannya sampai dengan Informasi tersebut sampai ketujuannya yaitu terjadi reaksi, jika rangsangan yang diterima terlalu halus, saída de maka yang dibangkitkan Oleh neoron tersebut tidak direspon akan. tentu saja sangatlah Sulit untuk memahami bagaimana otak manusia bisa Belajar Selama proses pembelajaran, terjadi perubahan yang cukup berarti pada bobot-bobot yang menghubungan neurônio Antara, apabila rangsangan ada yang sama dengan rangsangan yang telah diterima Oleh neurônio, maka neurônio akan memberikan reaksi dengan Cepat namun apabila kelak ada rangsangan yang berbeda dengan apa yang telah diterima Oleh neurônio, maka neurônio akan Segera beradaptasi untuk memberikan reaksi yang sesuai Proses Belajar Harus MAMPU mengoptimalkan kerja dan Fungsi Otak. Ir. Sutanto Windura (Diretor The Brainic Institute) é um grupo de meninos que vivem em um estado de emergência. Untuk itulah cara kerja natural otak perlu dipelajari agar mendapatkan fungsi otak yang ideal. Hukum-Hukum Otak 1. Otak menyimpan informação sobre dalam sel-sel syarafnya. 2. Otak memiliki komponen untuk menciptakan kebiasaan-kebiasaan dalam berpikir dan berperilaku. 3. Otak menyimpan informasi dalam bentuk kata, gambar, dan warna. 4. Otak tidak membedakan fakta dan ingatan. 5. Imajinasi dapat memperkuat otak dan mencapai apa saja yang dikehendaki. 6. Konsep dan informasi dalam otak disusun dalam bentuk pola-pola. Otak dapat menerima sekaligus menolak pola-pola itu. Otak terikat dan sekaligus tidak terikat dengan pola. 7. Alat-alat indra dan reseptor saraf menghubungkan otak dengan dunia luar. Latihan indra dan latihan fisik dapat memperkuat otak. 8. Otak tidak pernah istrahat. Palavras-chave Ketak rastao kelelahan dan tidak dapat menuntaskan sebuah pekerjaan, maka otak intuitivo akan melanjutkannya. 9. Otak dan hati berusaha saling dekat. Otak yang diasah terus menerus dapat membawa pemiliknya ke jalan kebajikan dan kebijaksanaan, serta ketenangan jiwa. 10. Kekuatan otak turut ditentukan oleh makanan fisik yang diterima otak.. Seorang peneliti bidang psikologi, Herman Witkin, melalui studi risetnya mengemukakan 2 macam karakteristik Gaya Belajar yang dimiliki seseorang, yaitu: 1. Gaya Belajar GLOBAL (cenderung memandang sesuatu secara menyeluruh atau melihat gambar yang besar, dan tidak bagian demi bagian). 2. Gaya Belajar ANALITIK (cenderung melihat suatu masalah secara bertahap, dan memfokuskan diri pada bagian-bagian yang membentuk gambar, secara urut dan terperinci). Keunggulan daya saing manusia atas mahluk hidup lainnya: 1. Otak belajar (The learning Brain) 2. Pengendalian Emosi 3. Kemampuan Memilih faktor penggerak (Kecerdasan Spiritual) 4. Kecerdasan Ruhani Keunggulan ini adalah anugrah sekaligus adalah amanah yang harus dipertanggung-jawabkan pada sang pencipta. The Learning Brain Pada otak manusia, berlaku ketentuan You use it or You Loose it semakin banyak digunakan otak kita menjadi semakin padat. Jumlah sel-sel Otak manusia dan berbagai otak binatang: 1. Otak Manusia 100 miliar sel 2. Otak kera 10 miliar sel. (1:10) 3. Otak Tikus 5 juta sel (1: 20000) 4. Otak lalat 100 ribu sel (1: 1000000) Kelebihan lainnya dari otak manusia adalah memiliki kemampuan sebagai otak belajar sedangkan binatang diciptakan tidak memiliki sarana ini. Jumlah sel otak bukan menunjukan intelektualitas orang tersebut. Manusia hanya memerlukan otaknya kurang dari 1 untuk dapat hidup normal. Dengan demikian potensi besar masih tersimpan pada diri setiap manusia Pada umunya otak manusia senang dengan gambar atau visual, sementara peserta didik lebih seringkali dijejali tulisan dan kata-kata atau kerja otak kiri. Perubahan metode belajar oleh guru dan orangtua disertai pemahaman bahwa setiap anak adalah unik dan memiliki kecerdasan yang berbeda akan menghasilkan revolusi belajar kearah yang lebih baik. Inti dari pendidikan adalah belajar dan belajar dapat diartikan sebagai pemberian rangsangan, agar kedua otak kiri dan kanan bekerja secara seimbang, serta menggunakan otak sesuai cara alaminya. Manusia unggul adalah manusia dengan fungsi optimal kerja otaknya, manusia tersebut yang akan merubah dan menjadi panutan peradaban manusia selanjutnya. Setiap anak adalah individu yang unik, masing-masing akan melihat dunia dengan 8220cara nya sendiri. Meskipun melihat satu kejadian pada waktu yang bersamaan, tidak menjamin 2 orang anak akan melaporkan hal yang sama. Daftar Pustaka Belajar, Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas, diunduh tanggal 22 desember 2009) Bahaudin, Taufik.2003. Brainware Management Depdiknas .2002.Tim Broad Based Educatio Jounshon, Elaine B. 2004. Contextual Teaching and learning, Meier, Dave,.2002. the acceletated learning handbook. Bandung: Kaifa. Pasiak, Taufik. 2001. Brain based teaching.

Comments